Universitas Mercu Buana

Unggul, Bermutu dan Bermanfaat

PELATIHAN DAN DEBAT ANGKATAN PSIKOLOGI 2014

“Menghadapi Persaingan Global dalam Perspektif
Psikologi Industri dan Organisasi

Kompetisi Debat Angkatan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana merupakan salah satu sarana bagi mahasiswa untuk melatih kemampuan berkompetisi dalam beradu argumentasi antara dua pihak atau lebih, untuk mendiskusikan dan memutuskan masalah berdasarkan sudut pandang yeng berbeda, baik itu pro ataupun kontra terhadap permasalahan yang dikaji.
          Debat psikologi ini bukan merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana tetapi sudah menjadi program kerja rutin BPPK (Badan Pengembangan dan Pengkajian Keilmuan) Himpunan Mahasiswa Fakultas Psikologi setiap tahunnya. Akan tetapi pada pelaksanaan tahun ini, debat angkatan tersebut didahului dengan memberikan pelatihan kepada tim delegasi setiap angkatan mengenai tatacara berdebat sesuai kaidah yang semestinya. Debat tahun ini mengangkat fenomena dalam ranah “Psiklogi Industri dan Organisasi” yang diharapkan dapat menciptakan suasana bersosialisasi dengan pemikiran atau pendapat-pendapat yang mampu membangun interaksi di dunia kerja serta menciptakan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam ruang lingkup psikologi.  
          Pelatihan Debat dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Desember 2014, mulai pukul 10.45-13.10 yang bertempat di Ruang C-203 UMB. Pembicara pada pelatihan Debat tersebut adalah salah satu dosen tetap Fakultas Psikologi UMB, yaitu Ibu Dearly M.Psi. Kegiatan ini dihadiri oleh 13 orang delegasi dari angkatan 2012, 2013, dan 2014. Setelah penyampaian materi oleh pembicara, dua tim delegasi yaitu 2014 dan 2013 melakukan simulasi debat sebagai bentuk aplikasi dari materi yang telah disampaikan sebelumnya. 
          Seminggu setelah pelatihan, tepatnya pada hari Kamis, 18 Desember 2014 diadakan Debat Angkatan Psikologi 2014 dengan tema “Menghadapi Persaingan Global dalam Perspektif Psikologi Industri dan Organisasi”. Terdapat empat tim yang berpartisipasi dalam kegiatan debat tersebut, yaitu dua tim dari angkatan 2012 dan dua tim dari angkatan 2014. Kegiatan dimulai pukul 09.30-16.30, yang diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars UMB. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari:
1. Koordinator Pelaksana Kegiatan Pelatihan dan Debat Angkatan Psikologi 2014, oleh Sdri. Ririn Nur Abdiah Bahar
2. Ketua HMF Psikologi UMB Periode 2014/2015, oleh Sdr. Ibrahim Syah Lubis
3. Dekan Fakultas Psikologi UMB, oleh Bapak H. A.A.Anwar Prabu Mangkunegara, M.Si
4. Kepala Direktur Kemahasiswaan UMB, oleh Bapak Endi Rekarti, SE., ME, dan sekaligus membuka kegiatan tersebut dengan resmi.
          Pelaksanaan Debat tahun ini dibagi menjadi tiga sesi, dimana setiap sesi terdiri atas dua kali debat. Jalannya debat dipimpin oleh seorang moderator, yaitu Ririn Nur Abdiah Bahar; dan dinilai oleh Juri, yaitu Bapak Afdaliza, M.Psi selaku Pembina Kemahasiswaan Fakultas Psikologi UMB.
          Dari pelaksanaan Debat Angkatan Psikologi 2014, maka diperoleh hasil satu tim terbaik, yaitu tim dari angkatan 2014 yang beranggotakan Nadra Jamal, Raden Mutiara, dan Rey Naldo; dan tiga debater terbaik, yaitu:
1. Debater terbaik I atas nama Valery Muhammad Gibran, dari angkatan 2012
2. Debater terbaik II atas nama Raden Mutiara, dari angkatan 2014
3. Debater terbaik III atas nama Rey Naldo, dari angkatan 2014

          Dengan diselenggarakannya acara Debat Psikologi ini, kami mengharapkan mahasiswa/i Fakultas Psikologi dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap kemajuan ilmu psikologi dan pengaplikasian ilmu psikologi dalam kehidupan sehari-hari.
Share on Google Plus

About Hmf Psikologi

Diterbitkan oleh Kantor Berita The Telegraph Indonesia, Jakarta
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar