Universitas Mercu Buana

Unggul, Bermutu dan Bermanfaat

Theme of Journal : Afiliasi Edition : XXIII (April, 27th 2015)


1.      Journal Identity
Title          : Nilai dan Afiliasi Partai Politik
Author      : Moh. Abdul Hakim, Helly P. Soetjipto
Volume    : 6
Issue         : 11
Pages        : 35-54
Publication : 2014
ISSN        : -
Copyright             : @Wacana Jurnal Psikologi

Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pola relasi antara karakteristik nilai yang menjadi prioritas individu dengan pilihan partai politik dalam pemilu. Penelitian ini menggunakan kerangka teori sepuluh struktur dan konten nilai dari Schwartz (1992) yang telah divalidasi dalam berbagai konteks budaya. Sebanyak 210 peserta pemilu tahun 2004 (laki-laki = 96; perempuan = 105) dengan rentang usia 17-30 tahun diminta untuk melengkapi skala yang diadaptasi dari Potrait Values Questionnaire (PVQ) yang dikembangkan oleh Schwartz dan self-report religiousity scale serta diminta untuk  menuliskan pilihan partai politiknya pada Pemilu tahun 2004. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis diskriminan (discriminant analysis) untuk menguji hipotesis: (1) terdapat perbedaan karakteristik nilai antara kelompok pendukung partai dan (2) pendukung partai yang berbasis keagamaan lebih religius dibanding pendukung partai sekular. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai berperan saat individu memutuskan partai apa yang akan didukung. Sementara temuan lainnya menunjukkan bahwa para pendukung partai berbasis agama cenderung lebih relijius dibandingkan pendukung partai berbasis kebangsaan. Diskusi mengenai hasil-hasil temuan penelitian tersebut akan dipaparkan secara lebih luas di dalam pembahasan.


2.      Journal Identity
Title            : Hubungan Antara Kebutuhan Afiliasi dengan Kesepian pada Remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah dan Putra Muhammadiyah Tuntang dan Salatiga
Author         : Meylina Diah Ekasari, Sri Hartati
Volume       : 3
Issue            : 4
Pages           : 1-11
Publication    : 2014
ISSN            : -
Copyright                 : @Universitas Diponegoro


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebutuhan afiliasi dengan kesepian pada remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah dan Putra Muhammadiyah Tuntang dan Salatiga. Subjek penelitian ini adalah anak asuh di Panti Asuhan Putri Aisyiyah dan Putra Muhammadiyah cabang Tuntang dan cabang Salatiga yang berada pada rentang usia 12-21tahun dengan sampel penelitian sebanyak 69 orang remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengambilan data menggunakan dua skala psikologi, yaitu skala kebutuhan afiliasi dan skala kesepian. Metode analisis data yang digunaka adalah analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan nilai rxy= -0,670 dan F=54,662 dengan p=0,000 (p<0,05) serta persamaan regresi Y = 137,285 – 0,741x, yang berarti terdapat hubungan negatif antara kebutuhan afiliasi dengan kesepian pada remaja di Panti Asuhan Putri Aisyiyah dan Putra Muhammadiyah Tuntang dan Salatiga. Sumbangan efektif variabel kebutuhan afiliasi terhadap kesepian adalah sebesar 44,9%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kesepian sebesar 44,9% ditentukan oleh kebutuhan afiliasi, sedangkan sisannya sebesar 55,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain.


3.      Journal Identity
Title          : Motif Afiliasi Pengguna Aktif Facebook
Author      : Agung Santoso Pribadi, Margaretha Maria Shinta Pratiwi, Roestamadji Brotowidagdo
Volume    : 6
Issue         : 2
Pages        : 50-57
Publication : 2011
ISSN        : 1907-8455
Copyright :@proyeksi

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif afiliasi yang membuat  remaja aktif membuka akun facebook. Subjek penelitian ini berjumlah 181 remaja. Data  penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket motif afiliasi pengguna facebook. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa remaja memiliki dan menggunakan akun facebook dengan motif afiliasi terbesar adalah untuk berteman dan mencari informasi yang digunakan untuk semakin memperluas jaringan pertemanannya, sedangkan motif afiliasi terkecil adalah untuk medapatkan perhatian orang lain. Selain itu ada motif-motif afiliasi lainnya yang muncul berkaitan dengan intensitas hubungan yang lebih kuat seperti motif mempertahankan hubungan antar individu, empati yang simpatik diwujudkan dalam sikap bersahabat, memiliki keinginan baik, dan membina hubungan yang penuh kepercayaan.




4.      Journal Identity
Title              : Hubungan antara Harga Diri dan Kebutuhan Afiliasi dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja
Author          : Natasa Mistia Perwitasari, Damajanti Kusuma Dewi
Volume        : 2
Issue             : 2
Pages            : 1-120
Publication   : 2013
ISSN            : -
Copyright     : @character jurnal penelitian psikologi

Abstract
Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran pada hakikatnya dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan. Keempat istilah tersebut merupakan satu kesatuan dalam pembelajaran. Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang akan dan/atau sedang digunakan dapat diketahui dari langkah-langkah pembelajaran yang telah tersusun dan/atau sedang terjadi. Pendekatan pembelajaran adalah cara umum dalam memandang pembelajaran. Sedangkan strategi pembelajaran adalah ilmu dan kiat di dalam memanfaatkan segala sumber belajar yang dimiliki dan/atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Metode mengajar adalah berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dan teknik pembelajaran adalah ragam khas penerapan suatu metode sesuai dengan latar penerapan tertentu. Teknik pembelajaran mengambarkan langkah-langkah penggunaan metode mengajar yang sifatnya lebih operasional. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam penentuan teknik pembelajaran di antaranya adalah kemampuan dan kebiasaan guru, ketersedian sarana dan waktu, serta kesiapan siswa. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih strategi pembelajaran ialah tujuan pembelajaran, jenis dan tingkat kesulitan materi pelajaran, sarana, waktu yang tersedia, siswa, dan guru.


5. Journal Identity
Title            : Gaya Kelekatan dan Konsep Diri
Author        : Avin Fadilla Helmi
Volume       : 26
Issue           : 1
Pages          : 9-17
Publication : 1999
ISSN          : 0215-8884
Copyright   : Journal of Psychology

Abstract

This study was designed to examine the hypotheses that secure attachment was the best predictor of self-concept rather than unsecured attachment (anxious and avoidance attachments. Intercorrelation-matrix shows that there was positive correlation between secure attachment and self-concept (r = 0,522; p < 0,05) and negative correlation between unsecured attachment and self-concept (r= -0,500; p < 0,05).



Share on Google Plus

About Hmf Psikologi

Diterbitkan oleh Kantor Berita The Telegraph Indonesia, Jakarta
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar