Universitas Mercu Buana

Unggul, Bermutu dan Bermanfaat

Theme of Journal : Kepuasan Kerja Edition : XXVII (May, 24th 2015)


1.      Journal Identity
Title          : Hubungan Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja pada Karyawan Bank BTPN Madiun
Author      : Hendra Indy H. & Drs. Seger Handoyo
Volume    : 2
Issue         : 2
Pages        : 100-104
Publication : 2013
ISSN        : -
Copyright : Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kepuasan kerja dengan motivasi kerja pada karyawan bank BTPN Madiun. Kepuasan kerja yang dimaksud adalah suatu sikap positif menyangkut penyesuaian diri yang sehat dari karyawan terhadap kondisi dan situasi kerja. Motivasi kerja yang dimaksud adalah dorongan untuk melakukan dan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat dan bersemangat. Penelitian dilakukan pada karyawan tetap Bank BTPN Madiun dengan jumlah subyek sebanyak 40 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner yang merupakan hasil adaptasi skala Job In General untuk mengukur tingkat kepuasan kerja, dan adaptasi Job Diagnostic Survey untuk mengukur tingkat motivasi kerja. Jumlah total pertanyaan 113 butir. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik non-parametrik 2 sample related dengan bantuan program statistik SPSS versi 20 for Windows. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai z -5,512 dengan signifkansi sebesar 0. Nilai tersebut lebih kecil dari p 0,05 yang artinya kepuasan kerja memiliki hubungan yang signifkan dengan motivasi kerja. Sehingga hipotesis kerja dalam penelitian ini diterima, yaitu ada hubungan antara kepuasan kerja dengan motivasi kerja pada karyawan bank BTPN Madiun.



2.      Journal Identity
Title          : Kontribusi Persepsi Insentif dan Kepuasan Kerja terhadap Motivasi Kerja
Author      : Wido Purwani, Meti Nurhayati
Volume    : 7
Issue         : 5
Pages        : 04-07
Publication : 2013
ISSN        : -
Copyright : @2009 Universitas Gunadarma
Abstract
Pengembangan sumber daya manusia di perusahaan perlu dilakukan secara terencana dan berkesinambungan, tidak terbatas pada lapisan bawah saja tetapi juga pada tingkat managemen. Penelitian ini mengkaji tentang kontribusi persepsi insentif dan kepuasan terhadap motivasi kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti apakah persepsi  insentif dan kepuasan berkontribusi  pada motivasi kerja. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan perusahaan garmen PT X. Alat ukur yang digunakan terdiri dari angket kuesioner dengan perhitungan skala Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah Kolmogorov Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel  memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap motivasi kerja, yaitu persepsi insentif sebesar 43,3% terhadap motivasi instrinsik dan 38,4% terhadap motivasi ekstrinsik, sedangkan kepuasan memberikan kontribusi sebesar 43,3%  terhadap motivasi instrinsik dan 38,4% terhadap motivasi eksttrinsik. Kontribusi dari dua variabel secara bersama-sama adalah sebesar 43,3% terhadap motivasi instrinsik dan 38,4% terhadap motivasi ekstrinsik.


3.      Journal Identity
Title          : Budaya Organisasi, Komitmen Organisasional, dan Kepuasan Kerja Karyawan
Author      : Klara Innata Arishanti
Volume    : 1
Issue         : 1
Pages        : 25-32
Publication : 2007
ISSN        : -
Copyright : @2009 Universitas Gunadarma

Abstract
Penelitian ini dilakukan terhadap 75 karyawan PT. X, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasional (variabel bebas) terhadap kepuasan kerja (variabel terikat). Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan perhitungan, diketahui pula bahwa rerata skor empirik dari tiap skala yang dibagikan pada subjek menunjukkan bahwa subjek memiliki skor diatas rata-rata pada tiap variabel yang diteliti. Baik budaya organisasi, komitmen organisasional maupun kepuasan kerja dikategorikan cukup tinggi.Kata Kunci: budaya organisasi, komitmen organisasional, kepuasan kerja



4.      Journal Identity
Title          : Hubungan Kepuasan terhadap Gaji dengan Intensi Turnover pada Karyawan Marketing PT. F
Author      : Elisabeth Austin Ilona, Sumbodo Prabowo
Volume    : 12
Issue         : 1
Pages        :80-94
Publication : 2013
ISSN        : -
Copyright : @Unika Soegijapranata Psikodimensia

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan kepuasan terhadap gaji dengan intensi turnover pada karyawan dengan mengendalikan masa kerja. Subyek dari penelitian ini adalah 32 orang karyawan bagian marketing PT. F Semarang. Untuk mengungkap intensi turnover digunakan skala intensi turnover dengan aspek tingkat komitmen; kepuasan kerja, kepercayaan, dan respek; dukungan manajemen; perkembangan dan kewajaran karir; dan kondisi dan peningkatan kerja. Untuk mengungkap kepuasan terhadap gaji digunakan skala kepuasan terhadap gaji dengan indikator tingkat gaji (pay level), strukturlpengelolaan gaji (pay structure/ administration), peningkatan gaji (pay raise), dan tunjangan (benefit). Hasil analisis data menunjukkan hipotesis diuji denganmenggunakan Korelasi Parsial dapat diterima yang menyatakan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signiflkan antara kepuasan terhadap gaji dengan intensi turnover dengan mengendalikan masa kerja. Hal ini ditunjukkan dengan ry(1,2) = -0,821 dengan p sebesar 0,000 (p<O,OI). Sumbangan efektif kepuasan terhadap gaji dengan intensi turnover dengan mengendalikan masa kerja adalah sebesar 67,4% dan variabel masa kerja tidak memberikan sumbangan efektifdikarenakan variabel masa kerja tidak ada hubungan dengan intensi turnover.




5.      Journal Identity
Title          : Harga Diri, Orientasi Kontrol, dan Kepuasan Kerja Karyawam
Author      : Andri Andri, Lieke E.M. Waluyo
Volume    : 2
Issue         : 2
Pages        : 172 -176
Publication : 2009
ISSN        : -
Copyright : @2009 Universitas Gunadarma

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara harga diri, dan orientasi kontrol (locus of control) secara terpisah dan secara bersama-sama dengan kepuasan kerja. Penelitian ini dilaksanakan di PT X, sebuah perusahaan perkebunan dengan kantor pusat di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Responden penelitian dipilih dengan sampling secukupnya terhadap karyawan staf dan bukan staf. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif antara harga diri dengan kepuasan kerja (0.416) namun tidak dapat mengungkap hubungan harga diri dan orientasi kontrol secara bersama dengan kepuasan kerja karena hubungan yang tidak signifikan antara orientasi kontrol dengan kepuasan kerja.




Share on Google Plus

About Hmf Psikologi

Diterbitkan oleh Kantor Berita The Telegraph Indonesia, Jakarta
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar